Berenang Itu Dapat Menyegarkan Tubuh

Apakah Anda suka berenang? Bagi yang hobi renang, rasanya berenang di kolam selama 2 jam pun tidak merasa lelah. Bandingkan kalau olahraga yang dilakukan di darat, mungkin 1 jam saja sudah ngos-ngosan. Meskipun tergolong tidak bikin capek dibandingkan jenis olahraga lain, ternyata ada banyak manfaat renang bagi tubuh Anda.

Renang adalah jenis olahraga aerobik yang bisa membantu Anda mencegah obesitas, membentuk kekuatan otot, meredakan stres, mengurangi sakit punggung, dan bahkan bermanfaat untuk penyembuhan kanker payudara. Olahraga renang juga memiliki keunggulan dari berbagai jenis olahraga lain, yaitu ini aman dan bagus dilakukan oleh ibu hamil.

Tidak soal Anda senang berenang di kolam renang, di sungai sekitar rumah, atau mungkin di laut dekat pantai, berenang terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan. Bagi yang suka, berenang bukan hanya soal kesehatan, tetapi karena mereka merasa gembira ketika berada di dalam air mengikuti alunan arus. Karena itulah, manfaat renang bukan hanya bagi tubuh tetapi juga bagi kesehatan mental.

Manfaat renang juga berhubungan dengan mekanisme kerja tubuh Anda. Jika dilakukan di waktu cuaca sedang panas, berenang akan membantu tubuh mengurangi suhu panasnya sehingga memperbarui energi tubuh dengan cara yang menyegarkan.

Olahraga renang membangun kekuatan dan energi tubuh dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh jenis olahraga lainnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exteremadura di Spanyol, berenang di air hangat bahkan dapat meringankan rasa sakit pada tubuh Anda.

Para perenang di berbagai belahan dunia merasakan bahwa ini adalah jenis olahraga yang sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap bugar, langsing, dan sehat. Berapapun usianya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia, semuanya bisa menuai manfaat renang bagi tubuh mereka. Anak-anak yang suka berenang dibantu pertumbuhan dan perkembangan otot serta tulang mereka sehingga seringkali mereka akan tumbuh lebih tinggi.

Mereka yang sudah berusia tidak lagi muda pun bisa merasakan manfaat renang, misalnya untuk meringankan sakit dan nyeri pada persendian yang biasa dialami para lansia. Jika tidak enak berenang sendirian, ajaklah teman dan keluarga untuk berenang bersama. Nikmatilah momen kebersamaan tersebut sekaligus bonus manfaat kesehatan dari olahraga renang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *