Belajar Renang Sejak Dini

Berenang adalah salah satu kecakapan hidup yang wajib dimiliki anak. Banyak orang tua jama dulu tidak menyadari pentingnya anak belajar berenang sejak dini. Tetapi, jaman telah berubah. Sebagai orang tua modern, anda ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Salah satunya adalah dengan mengajarkan mereka cara berenang yang baik. Dari mulai sekolah dasar, berenang memang menjadi bagian dari kurikulum pelajaran olah raga.

Tetapi, akan lebih baik jika mereka bisa belajar sedini mungkin. Lalu, usia berapakah idealnya anak belajar renang? Yuk simak.

Umur Berapa Anak Belajar Berenang?

Di lua negeri, seperti Eropa dan US, kelas berenang anak usia dini cukup umum. Anda bisa menemukan kelas berenang anak di bawah satu tahun dengan mudah. Kelas tersebut melibatkan orang tua secara langsung karena bayi di bawah 3 tahun belum bisa mencerna intruksi dari pelatih dengan sempurna. Jadi, sebenarnya usia ideal anak belajar berenang adalah 3 – 4 tahun, dimana anak sudah bisa menerima informasi dan mengikuti arahan dari pelatih dengan baik. Adapun kelas berenang bayi di bawah usia ideal tersebut hanya bertujuan agar anak terbiasa dan tidak takut berada di dalam air.

Pentingnya Melatih Anak Berenang

Ada banyak manfaat dari melatih anak belajar berenang sejak kecil. Diantaranya karena alasan keselamatan. The American Academy of Pedriatic (AAP) masih mencatat bahwa tenggelam adalah faktor terbesar kecelakan dan penyebab kematian pada balita dan anak-anak. Di UK,  tenggalam menempati urutan kedua dari daftar yang sama. Oleh karena itu sangat penting untuk mengajarkan berenang pada anak sedini mungkin. Minimal mereka tahu bagaimana teknik mengambang dengan menghadap ke atas ketika jatuh ke dalam kolam sambil menunggu pertolongan.

Dari segi kesehatan dan perkembangan anak, melatih berenang sejak kecil juga banyak manfaatnya. Ketika berenang, hampir seluruh otot kita digunakan. Hal tersebut bisa membantu perkembangan motorik anak dan melatih keseimbangan tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh Salk Institute pada tahun 1999, mengungkapkan manfaat berenang terhadap perkembangan kognitif anak, sebagai berikut:

  • Anak-anak bisa lebih fokus dalam berbagai hal.
  • Memperkecil kemungkinan menderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).
  • Meningkatkan kemampuan matematis.
  • Cenderung lebih baik dalam menyelesaikan berbagai test akademik.
  • Meningkatkan fleksibilitas koginitif, sehingga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Cara Melatih Berenang Anak Usia Dini

Sebelum anak belajar berenang secara formal, anda bisa mulai mengenalkan hal-hal basic. Anda bisa melakukan sendiri teknik-teknik dasar berenang pada anak di bawah 2 tahun. Namun, ada baiknya anda konsultasikan dengan pelatih profesional dan dokter anak. Jika anda memiliki teman atau saudara yang memiliki pengalaman serupa, tidak ada salahnya juga bertanya dan meminta tips dan triknya.

Langkah-langkah melatih berenang anak usia dini:

  1. Bila anak anda belum terbiasa berada di kolam renang, ada baiknya tidak langsung memulai pada latihan. Jika mereka takut masuk ke dalam kolam renang, biarkan mereka bermain di pinggir kolam untuk beberapa saat. Memilih kolam dengan air yang hangat juga bisa membantu mereka merasa nyaman.
  2. Setelah mereka terbiasa dan nyaman masuk ke dalam kolam renang, posisikan anak anda seakan sedang memeluk anda dari depan. Kemudian, anda berjalan mundur perlahan dan bantulah kakinya untuk menendang air dengan benar. Pastikan kedua kakinya tetap berada di dalam air.
  3. Tahap selanjutnya dalam melaih anak berenang di usia dini adalah dengan “mencelupkan” kepalanya kedalam air. Letaknya satu tangan di punggung bayi dan yang lainnya di dada. Kemudian, pada hitungan ketiga, celupkan anak anda kedalam air  dengan cepat. Letakan si anak di dada anda dan biarkan beristirahat sejenak, sebelum mulai lagi. Sebelumnya, pastikan anda dan anak dalam keadaan rileks. Mungkin pada percobaan pertama ini anak anda akan kemasukan air, tapi hal ini dianggap wajar. Sekali lagi, adalah penting untuk tidak panik.
  4. Lakukan langkah 3 beberapa kali sambil menambah waktu. Setelah anak mulai terbiasa dengan langkah 3, anda bisa “mencelupkan” mereka sedikit lebih lama. Ketika seluruh badan mereka di dalam air lepaskan tangan anda perlahan sebentar (kurang lebih 2 – 3 detik). Biarkan mereka menyadari bahwa mereka bisa mengambang di air.

Anda bisa menerapkan langkah-langkah dasar melatih berenang di atas pada bayi di bawah 2 tahun. Ketika anak sudah bisa diberi pengarahan dan dapat mengikuti instruksi pelatih dengan baik, barulah anda bisa membawanya ke tempat kursus berenang formal.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut belajar renang bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa belajar renang bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *