Mengobati Stroke Ringan Dengan Renang

Olahraga merupakan salah satu cara manjur untuk mencegah,mengobati dan mempercepat penyembuhan stroke. Dalam penelitian terbaru yang belum dipublikasikan menyimpulkan bahwa gerak badan dan olahraga lebih ampuh mencegah kematian dibandingkan resep obat. Namun, bukan berarti penderita stroke bisa langsung berhenti minum obat-obatan. Tetap harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berjalan Kaki : secara rutin sangat bermanfaat unutk membantu mempercepat pemulihan kesehatan penderita stroke baik dari segi fisik, mobilitas, dan juga kualitas hidupnya. Latihan berjalan kaki secara rutin selama 3 bulan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien stroke, mulai dari meningkatnya kesehatan fisik, daya tahan tubuh lebih bagus, sampai dengan denyut jantung yang lebih baik. Selain itu, Berjalan kaki juga efektif untuk mengontrol tekanan darah, menjaga berat badan, dan menurunkan kadar lemak darah. Mungkin bukan hal yang mudah, karena biasanya penderita stroke takut jatuh saat melakukan aktivitas fisik. Karena itu dibutuhkan dukungan keluarga dan orang-orang terdekat untuk meyakinkan penderita stroke agar aktif berjalan kaki. Penggunaan alat bantu juga dapat mengurangi kecemasan pasien, misalnya tongkat berkaki empat.

Latihan di Air (aqua exercise) : sangat membantu penderita stroke karena pengaruh daya apung air yang membuat tubuh lebih ringan. Renang menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan saraf yang rusak atau mengalami gangguan pada penderita stroke. Latihan dimulai dengan menggerakkan tangan, kaki, baru seluruhnya. Melakukan terapi latihan air secara rutin memberi manfaat antara lain : sirkulasi darah lancar, oksigenasi otak meningkat, daya kerja otot meningkat, mengurangi otot kaku, memberi efek relaksasi, dan meningkatkan kecepatan gerak penderita.

Senam Aerobik : membantu mempercepat pemulihan kesehatan dan kebugaran penderita stroke. Latihan senam aerobik secara rutin dapat meningkatkan pasokan oksigen, menguatkan otot tubuh, serta menambah kelenturan. Aerobik cocok bagi penderita stroke adalah low impact, misalnya : senam lansia, senam pernafasan, senam stroke, senam lantai, dan sebagainya.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut Les Renang Di Bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa Les Renang Bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *