Terapi Syaraf Kejepit Dengan Renang

Renang merupakan fisio”Disebut saraf terjepit karena aliran saraf di sum-sum tulang belakang ditekan oleh tonjolan bantalan tulang belakang. Ini penyakit degenerasi, yaitu penyakit yang terjadi akibat proses penuaan,” terang dr Zainal Muttaqin, Sp BS,PhD.


Gejala Penyakit HNP

Gejala penyakit HNP tergantung di mana lokasi penyempitan aliran saraf tulang belakang. Jika penyempitan akibat bantalan tulang menonjol di bagian leher, gejala yang muncul berupa gangguan di bagian anggota gerak tubuh bagian atas dan bawah (tangan dan kaki), karena di leher terdapat saraf anggota gerak dan saraf pembawa rasa. Gejala tersebut berupa nyeri dan kelemahan pergerakan tangan dan kaki.
Sedangkan jika penyempitan terjadi di bagian punggung, gejala yang terjadi berupa  nyeri, kesemutan dan terjadi kesulitan pergerakan anggota gerak di bagian bawah (kaki). Namun, jika penyempitan terjadi di bagian pinggang, di mana hanya ada aliran saraf pembawa rasa (tidak ada saraf komponen anggota gerak), maka gejala yang terjadi hanya rasa nyeri.

Untuk memastikan diagnosa apakah pasien menderita HNP, perlu dilakukan MRI (Magnetic Resonance Imaging), yaitu pemeriksaan dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio.
Nah, untuk mencegah terjadinya tonjolan di bantalan tulang, ada baiknya Anda mengurangi aktivitas berlari dan melompat terlalu sering. Aktivitas tulang belakang yang paling baik adalah berenang. Sedangkan bagi penderita HNP, ada keterbatasan aktivitas yang perlu dipatuhi agar rasa nyeri luar biasa tidak muncul kembali.

Dengan berenang maka otot-otot seluruh tubuh akan terlatih dan terutama otot punggung menjadi lebih besar, lebih kuat dan lebih mampu untuk menahan rasa sakit yang dialami.

Bagi penderita yang tak mampu berenang atau karena sesuatu hal yang tak memungkinkan mereka untuk berenang maka latihan bersepeda statis yang menggunakan sandaran punggung disertai dengan latihan back up secara teratur juga akan memberikan hasil yang sama tanpa harus membuang waktu untuk pergi ke kolam renang.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut terapi tulang belakang di bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa terapi tulang belakang di bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *