4 Hal Yang Belum Anda Ketahui Dari Manfaat Renang

Ada yang bilang jika olahraga yang terbaik adalah berenang. Mengapa berenang diklaim sebagai olahraga terbaik? Pasalnya, pada saat berenang semua bagian tubuh akan bergerak.

Tentu saja gerakan dari semua bagian tubuh ini membawa dampak besar bagi kesehatan. Selain itu, berenang juga bisa menjadi sarana untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari.

1. Menjaga kebugaran jantung

Apakah Anda berpikir bahwa hanya cardio di alat treadmill saja yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung? Anda salah karena salah satu manfaat renang bagi tubuh yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya adalah untuk menjaga kebugaran jantung. Berenang akan membantu melancarkan sirkulasi jantung. Gerakan yang Anda lakukan saat berenang akan memacu jantung untuk memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Di damping itu, berenang juga merupakan salah satu latihan cardio. Orang-orang yang rutin menjalani aktivitas renang selama 12 minggu mengalami peningkatan pada jumlah darah yang dipompa hingga 18 persen. 2. Mengurangi risiko arthritis

2. Mengurangi risiko arthritis

Jika Anda belum tahu apa itu arthritis, ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi kaku. Sementara itu, berenang adalah olahraga terbaik untuk mengurangi risiko arthritis.

Mengapa? Karena berenang adalah olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh termasuk sendi, tapi tidak memberikan beban berlebihan pada sendi-sendi Anda. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, penderita rheumatoid arthritis disarankan untuk rutin berenang agar rasa sakit di persendiannya jadi lebih berkurang.

3. Menurunkan risiko diabetes

Siapa tak kenal dengan penyakit diabetes? Silent killer yang satu ini cukup ditakuti semua orang. Diabetes mungkin tidak akan membuat penderitanya langsung meninggal saat itu juga. Namun, komplikasi yang ditimbulkan dari diabetes ini dirasa cukup berat. Belum lagi jika Anda harus hidup dengan penyakit ini, makan dan minum pun semuanya jadi dibatasi. Cara terbaik untuk terhindar dari risiko diabetes adalah berenang. Ketika berenang, semua kalori dan lemak terbakar. Hal ini juga berimbas pada penurunan kadar gula dalam darah. Semakin sering Anda berenang, maka semakin jauh juga Anda dari risiko diabetes dan penyakit lainnya.

4. Menurunkan kolesterol

Ketika Anda memeriksakan darah di laboratorium dan mendapati bahwa kadar kolesterol Anda di atas normal, cobalah untuk menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan. Anda bisa rutin melakukan olahraga berenang untuk menurunkan kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL), berenang juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Tak hanya itu saja, berenang berfungsi untuk menjaga endothelium agar tetap berfungsi dengan baik. Sekedar informasi, endothelium adalah lapisan sel-sel tipis yang melapisi arteri Anda. Fungsi endothelium ini antara lain untuk membuat tubuh Anda jadi lebih fit dan mampu bergerak bebas meskipun usia sudah tidak muda lagi.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut belajar renang di bandung murah di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa belajar renang bandung murah, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *