Teknik Mengambang Di Air

Dasar dari latihan berenang adalah bagaimana cara mengapung di air, terlihat mudah tapi butuh banyak latihan untuk bisa melakukan ini. Secara logika seharusnya manusia pasti akan mengambang saat berada dalam air, bayangkan kapal yang begitu besar dan berat berton-ton saja bisa mengapung apalagi manusia yang hanya puluhan kilogram.

Menurut anda kenapa seseorang kesulitan untuk mengapung di kolam? Saat tercebur ke air yang dalam, kebanyakan orang pasti akan panik. Reaksi wajar yang dilakukan adalah berusaha menggerakan tangan dan kakinya, kalau belum jago renang hasilnya pasti malah tenggelam.

Perasaan takut yang dirasakan seseorang akan menyebabkan otot tubuh menjadi lebih tegang. Hal ini membuat tubuh terasa lebih berat dan sulit digerakkan sehingga sulit untuk mengapung di atas air. Di film-film orang yang tenggelam digambarkan meronta-ronta minta tolong pada awalnya. Setelah kehabisan tenaga akan tenggelam, selang berapa lama pasti akan naik lagi dan terapung. Satu hal yang pasti adalah bobot tubuh orang tersebut tidak berubah, tapi si mayat kok bisa ngapung?

So, dasar teknik mengapung di air adalah jangan panik, rilekskan dirimu.

Sebelum mulai mencoba cara mengambang di air sebaiknya terlebih dahulu biasakan diri anda dengan air kolam. Caranya simpel,
1. Masuklah ke dalam kolam yang tidak terlalu dalam.
2. Lompat-lompat di tempat sambil gerak-gerakan kaki dan tanganmu.
3. Cobalah berjalan ke depan dengan langkah pendek, langkah panjang ataupun melompat.
Setelah terbiasa silahkan lanjut ke tahap selanjutnya,

Cara Mengapung di Air
Paling mudah dilakukan dengan partner/ pelatih, dengan begitu kita merasa aman sehingga tubuh lebih nyaman. Kalau tidak ada partner, dengan terpaksa bisa menggunakan pinggiran kolam atau pegangan tangga keluar kolam.

Berikut langkah-langkahnya
1. Lakukan dengan saling berhadapan
2. Perlahan-lahan arahkan badanmu kedepan sambil buka tangan dan kaki. Saat itu kepala, tangan dan kaki membentuk bintang.
3. Kalau anda rileks pasti tubuh akan naik ke atas, mulai mengambang. Usahakan jangan takut, tenang ada partner di depanmu. Tugas si partner adalah menyambut kedua tangan jika kesulitan.
4. Setelah terapung, hadapkan wajahmu ke depan agar bisa bernafas dengan baik.
5. Lakukan sedikit gerakan menendang dengan kedua kakimu.
6. Praktekan teknik mengambang ini beberapa kali sampai anda bisa melakukan sendiri.
Peran partner bisa anda ganti dengan papan luncur setelah mulai terbiasa.

Bicara teknik mengapung kurang pas rasanya jika tidak menyinggung tentang Uitemate, teknik yang diperkenalkan di Jepang untuk menolong para korban tsunami dengan cara latihan terapung selama mungkin sampai bantuan datang.

Konsep dari Uitemate sangat simpel, dimana kita memanfaatkan benda-benda di sekitar kita untuk mengapung bahkan botol plastik pun bisa digunakan. Para korban bencana tsunami dan banjir pasti masih memakai pakaian lengkap, ini juga bisa membantu seseorang untuk mengapung.

Untuk mengambang kita disuruh memposisikan tubuh seperti saat tidur terlentang. Kedua tangan dan kaki dibentangkan, kalau ada benda yang terapung bisa anda taruh depan dada lalu didekap. Kepala menghadap ke atas sehingga kita bisa bernafas seperti biasa.

Sekarang teknik Uitemate telah diperkenalkan ke banyak negara di dunia terutama yang pernah dilanda tsunami salah satunya Indonesia. Pelatihan dilakukan dengan harapan dapat mengurangi korban jiwa dari bencana alam air.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut belajar renang di bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa Les Berenang di Bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *