Ini Dia Teknik Renang Untuk Pemula

Pada dasarnya renang adalah olah raga yang beresiko apabila tidak bibarengi latihan karena terlebih dahulu dan masuk ke kolam yang dalam dan tidak ada pengawasan dari guru atau pelatih. Disi saya akan memberikan program latihan renang untuk pemula. program latihan renang ini sangat berguna bagi guru, pelatih atau juga orang tua. Sebelum masuk keteknik dasar renang terlebih dahulu ada beberapa latihan paling mendasar yaitu: pengenalan air, latihan meluncur dan pengambilan napas.


1. Pengenalan Air
Sebelum keteknik dasar renang pengenalan air juga sangat perlu dilakukan terlebih dahulu bagi mereka yang baru pertama kali belajar renang. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa takut terhadap air dan mengenal sifat – sifat air seperti basah, dingin, dan sebagainya. Latihan pengenalan air dapat dilakukan dalam bentuk permainan atau yang lain, misalnya :

2. Mengambil Peluit Didalam Air
Permainan ini sangat baik untuk melatih keberanian dan menghilangkan rasa takut ketika didalam air karena dengan latihan ini anak akan berusaha untuk mengambil peluit di yang ada di dalam air. Keuntungan dari latihan ini adalah seluruh tubuh anak akan masuk kedalam air sehingga akan melatih selain melatih keberanian juga akan melatih pernapasan secara tidak langsung.

3. Meluncur
Setelah mengetahu sifat – sifat air, untuk pertama kali adalah teknik meluncur dan mengapung diair, teknik ini juga berguna untuk mempermudah ketika latihan teknik dasar. Cara latihan teknik meluncur  adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan kedua tanganlurus, bungkukkan badan ke depan.
  • Letakkan kedua kaki pada lantai kolam, hingga badan terdorong ke depan dalam sikap mengembang dan meluncur. atau
  • Berdiri dengan satu kaki, sedangkan kaki satu yang lain ditekuk dengan telapak kaki menempel pada dinding kolam.
  • Kedua tangan lurus dan bungkukkan badan ke depan, kemudian tolakkan kaki yang menempel pada dinding sehingga badan terdorong ke dalam sikap mengapung dan meluncur. Bagi orang yang masih takut, sebelum berlatih meluncur mereka terlebih dahulu menggerakkan kaki sambil duduk di pinggir kolam atau dengan memegang parit kolam dan menggerak – gerakkan kaki.

4. Latihan Pernafasan
Latihan teknik pernapasan  ini ada beberapa macam bisa dengan sedikit permainan atau juga bisa selipin dengan beberapa teknik dasar seperti digabung dengan teknik gaya bebas atau juga latihan khusus pernapasan.
1. Latihan khusus pernapasan dengan cara sebagai berikut:

  • Tangan berada disamping kepala
  • Kemudian kepala dimasukan kedalam air
  • Pada saat masuk ke air jangan lupa mata dibuka jangan sambil meram
  • Pada saat masuk kedalam air lakukan membuang napas dengan mulut.
  • Setelah napas semua dibuang kemuadian kepala naik keatas
  • Ketika naik keatas jangan dibiasakan mengusap mata
  • Dan pada saat naik mengambil napas dengan mulut.
  • Lakukan gerakan ini berulang-ulang, untuk pemula biasanya sebanyak 20-30 kali

2. latihan pernapasan dengan cara diselipin teknik dasar renang gaya bebas

  • Pernafasan dilakukan dengan memutar kepala ke kiri atau ke kokan, sehingga mulut mengambil nafas.
  • Gerakan tersebut bersamaan lengan searah dengan putaran kepala berada di belakang samping tubuh.
  • Latihan pernafasan ini dikombinasikan dengan gerakan lengan agar dapat mengatur irama pengambilan nafas.
  • Pada prinsipnya mengambil udara lewat mulut dengan menghembuskan di dalam air.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut belajar renang bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa belajar renang bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *