WAJAH ANDA BERJERAWAT, BOLEHKAH MELAKUKAN OLAHRAGA RENANG?

Berenang merupakan salah satu olah raga yang menyenangkan, terutama bagi anak – anak, hampir sebagian anak – anak menyukai olah raga yang satu ini. Pengunjung kolam renang pun pada umumnya terdiri dari 60 – 75 % anak – anak.

Berenang juga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, salah satunya yaitu kesehatan kulit.

Loh kok bisa?

Bisa dong, hal ini karena cara anda mengambil napas saat berenang tersebut dapat meningkatkan aliran oksigen pada tubuh hingga masuk ke dalam aliran darah. Dan hal ini akan membantu proses pertumbuhan sel kulit yang baru dan dapat menyembuhkan radang pada kulit.

Akan tetapi, perlu di perhatikan apakah anda tahu efek air kolam renang untuk kulit yang anda miliki? lebih tepatnya efek air tersebut yang mengandung klorin untuk kulit anda?

Apa itu klorin?

Klorin atau yang biasa di sebut dengan kaporit ini sendiri merupakan zat kimia yang bersifat desinfektan. Klorin umumnya ditambahkan dalam kolam renang ataupun air ledeng. Klorin ini bertujuan untuk membunuh berbagai organisme patogen salah satunya seperti bakteri E.coli. Struktur kimia yang terkandung dalam klorin dapat memecah dinding sel bakteri dan memurnikan air.

Klorin pun dapat menyerang bakteri pemicu jerawat dan menghilangkan minyak yang berlebihan dalam pori-pori kulit. So, dampak klorin bagi jerawat pada dasarnya sangat baik, bahkan klorin sendiri merupakan salah satu komponen yang seringkali di pakai pada produk skincare. Tetapi, jika kandungan klorin pada air terlampau banyak justru akan menimbulkan dampak buruk yang berbahaya.

Apakah yang akan terjadi jika kulit berulang kali terkena klorin?

Kandungan asam pada klorin dapat menimbulkan kerusakan pada kulit wajah yang sensitive. Selain menyebabkan jerawat, klorin juga dapat menguras minyak alami kulit, vitamin E, dan bakteri baik pada tubuh lainnya. Pada akhirnya, kulit anda akan kehilangan keseimbangan minyak, lalu menjadi kering dan iritasi.

Dr. Karel AL Staa, Sp.A, dari RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, menjelaskan tentang dampak buruk dari klorin tersebut.

1. IRITASI MATA

Mata adalah jaringan yang lebih halus jika di bandingkan dengan kulit. Saat berenang mata pasti akan berkontak langsung dengan air, bila konsentrasi kaporitnya tinggi maka akan terjadi iritasi pada mata. Jadi, cara mencegahnya anda harus memakai kaca mata khusus untuk berenang dan perhatikan ukurannya juga.

2. PENYAKIT KULIT

Penyakit kulit yang sering ditimbulkan dari air berklorin ini diakibatkan oleh jamur. Biasanya muncul warna putih atau biasa di kenal dengan nama panu. Jamur ini dapat ditemui di bagian wajah atau bagian tubuh lainnya. Jamur ini tumbuhnya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama juga. Contohnya, saat anda berenang hari ini maka akan muncul keesokan harinya.

Cara yang Benar untuk Melindungi Diri dari Zat Kimia yang Terkandung pada KolamRenang.

  1. Pilih lah kolam renang yang terbuka.
  2. Ada baiknya jika anda membasahi atau membilas tubuh anda dengan air yang tidak berkaporit sebelum berenang.
  3. Aplikasikanlah wajah dan tubuh and dengan minyak kelapa atau body butter.
  4. Netralkanlah air yang mengandung klorin dengan Vitamin C.
  5. Langkah awal yang harus dilakukan setelah berenang, untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat klorin yaitu dengan membasuhnya dengan air yang tidak mengandung klorin.
  6. Lalu langkah selanjutya, gunakanlah pelembab kulit setidaknya 2 kali sehari, hal ini di tujukan untuk mencegah kulit anda menjadi kering.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut les renang di bandung murah di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa les renang bandung murah, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *