Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam Latihan Renang

Renang merupakan olahraga yang menyenangkan. Selain menyehatkan, orang yang rutin berenang akan memiliki tubuh yang atletis, pernafasan yang bagus, baik untuk senam jantung, membuat tubuh senantiasa bugar, dan masih banyak manfaat lainnya.

Namun beberapa diantara kita malu untuk belajar berenang.

  1. Persiapan Awal

 

Cara belajar renang langkah pertama, persiapan

Pertama, beberapa hal perlu temen-temen siapkan sebelum berenang, diantaranya:  pakaian renang agar mudah bergerak di dalam air, kacamata renang agar mata tidak iritasi, handuk untuk mengeringkan badan, sabun dan shampoo untuk bilas, krim kulit jika kulit temen-temen cukup sensitive dengan sinar matahari, dan bekal makanan kalau mau hemat.. hehehe..

  1. Pemanasan

 

Cara belajar renang langkah kedua, pemanasan

Kedua.. Nah.. Kadang kita sering mengabaikan pemanasan sebelum berenang.. Maunya langsung nyemplung aja.. haha.. Padahal pemanasan sebelum berolahraga dapat menghindari kita kram atau cedera.. Pemanasan yang bisa dilakukan sebelum berenang yaitu: lari-lari kecil mengitari kolam renang sebanyak 3 putaran, peregangan otot tangan, peregangan otot kaki, bahu, dan pinggul.. Lakukan pemanasan sekitar 15 menit..

  1. Latihan Pernafasan

 

Cara belajar renang langkah ketiga, pernapasan

Ketiga, Setelah cukup pemanasannya, kita bisa mulai masuk ke dalam kolam renang. Lalu mulailah dengan latihan pernafasan. Caranya tarik nafas di permukaan air, masukkan seluruh tubuh ke dalam air lalu buang nafas pelan-pelan di dalam air. Lalu muncul lagi ke permukaan. Tarik nafas lagi, lalu buang nafas lagi di dalam air pelan-pelan. Lakukan latihan pernafasan ini berulang kali. Sampai kira-kira kita cukup kuat ada di dalam air diatas 10 detik..

  1. Latihan Gerak Kaki

 

Cara belajar renang langkah keempat adalah latihan gerakan kaki

Keempat, latihan gerak kaki. Caranya kita berpegangan pada pembatas kolam renang lalu telungkupkan badan hingga kita mengambang di air. Sambil perpegangan, kita gerakkan kaki seperti gerak kaki katak. Yaitu kaki ditekuk seperti kita jongkok, lalu diluruskan. Tekuk kembali kaki, tendang, dan luruskan. Tekuk, tendang, luruskan. Lakukan berulang kali sampai kita terbiasa (tidak kaku). Setelah terbiasa, kombinasikan dengan latihan pernafasan yang sudah kita latih sebelumnya. Sambil berpegangan di pembatas kolam renang, lakukan latihan gerak kaki sambil tarik dan buang nafas di dalam kolam.

  1. Latihan Meluncur

 

Cara belajar renang langkah kelima adalah meluncur

Kelima, setelah mulai mahir dengan gerakan kaki katak sambil atur pernafasan dalam air, saatnya latihan meluncur. Prinsipnya sama dengan latihan gerak kaki yang barusan kita latih, namun kini kita dibantu oleh papan luncur. Meluncurlah dari pinggir kolam menuju ke tengah dengan menggunakan papan luncur, lalu gerakkan kaki yang sebelumnya sudah dilatih. Tekuk, tendang, luruskan sambil atur pernafasan dalam air. Lakukan terus latihan ini hingga pergerakan kaki dan pernafasan lancar dan bisa meluncur dengan papan pada jarak yang cukup jauh.

  1. Latihan Gerak Tangan

 

Cara belajar renang langkah keenam adalah latihan gerakan tangan

Keenam, kita bisa mamulai dengan latihan gerak tangan. Cara untuk melatih pergerakan tangan adalah luruskan tangan kedepan, tarik ke samping hingga lurus ke kanan dan kiri, lalu tarik hingga kedua tangan bersedekap di dada. Luruskan, samping, tengah. Lakukan latihan gerakkan tangan ini berulang kali hingga terbiasa. Setelah cukup mahir, mulailah meluncur tanpa papan luncur. Gerakkan tangan lurus, samping, tengah. Gerakkan kaki  tekuk, tendang, luruskan. Tarik nafas saat tangan di samping dan kaki menendang. Buang nafas saat tangan lurus ke depan dan kaki siap-siap menekuk. Tangan lurus, samping, tengah. Kaki tekuk, tendang, lurus. Dan Tarik nafas diluar air dan keluarkan di dalam air.

  1. Latihan Keseluruhan

 

Cara belajar renang langkah ketujuh adalah latihan keseluruhan

Ketujuh, setelah mulai harmoni gerakkan tangan, kaki, dan pernafasan, lakukan terus menerus. Lintasi lebar kolam yang jaraknya lebih pendek untuk melancarkan latihan. Terus lakukan latihan ini sampai benar-benar mahir. Setelah mahir dan pernafasan kita kuat, kita bisa mulai menelusuri panjang lintasan kolam renang yang panjangnya 50m.

Jika ingin serius mempelajari teknik berenang, ada baiknya Anda mengundang pelatih khusus agar dapat mengoreksi gerakan-gerakan Anda. Menghindari kesalahan berenang akan menghasilkan gerakan lebih efektif tanpa banyak memakan energi.
Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa Latihan renang bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa Latihan renang bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *