Mengobati Pegal Setelah Renang

Sakit otot sehabis olahraga renang dapat terjadi ketika otot belum dapat beradaptasi ketika melakukan gerakan olahraga. Ini sering terjadi ketika sebelumnya kita jarang/tidak pernah olahraga kemudian kita olahraga dengan intens.

Berikut ini penyebab nyeri otot setelah berolahraga:

  • otot yang kaku (misalnya: renang setelah lama tidak berolahraga)
  • kelelahan
  • cedera otot

Nyeri otot yang terjadi keesokan harinya setelah berenang termasuk kondisi normal. Nyeri ini kemudian akan membaik sendiri.

Langkah Anda untuk mengawali renang dengan pemanasan sudah tepat. Selain pemanasan, Anda dapat mengatur lama berenang. Olahraga yang disarankan adalah minimal 150 menit per minggu (misal: 5 sesi @30 menit). Olahraga yang terlalu intens (misal: 150 menit dicapai dalam 1 kali olahraga) tidak disarankan karena akan memberi efek negatif terhadap tubuh.

Anda dapat memulai olahraga dengan waktu yang singkat dahulu, kemudian dievaluasi setiap minggunya. Setelah terbiasa, Anda dapat memperpanjang sedikit demi sedikit waktu berenang Anda (misalnya minggu berikutnya Anda menambah 15 menit setiap kali berenang, dst).

Jika nyeri otot mengganggu, Anda dapat melakukan:

  • kompres hangat bagian yang nyeri
  • memijat bagian yang nyeri secara perlahan
  • mengoleskan antinyeri topikal
  • konsultasi ke dokter jika nyeri tidak juga membaik

Semoga bermanfaat,

dr.Mira

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut Privat Renang Di Bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa , yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *