Efek Dari Rajin Olahraga Renang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling digemari orang-orang. Oleh karena itu, banyak keluarga yang pergi berenang untuk mengisi aktivitas dan berekreasi.

Selain menyenangkan ternyata berenang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Bagi Anda yang gemar berenang, bersyukurlah karena olahraga yang satu ini bisa dikatakan salah satu olahraga yang paling bermanfaat untuk tubuh.

  1. Melatih Pernafasan

Tingkat kelembaban udara pada kolam renang jauh lebih tinggi dibandingkan tempat lainnya. Tingginya kelembaban pada kolam renang membuat orang-orang lebih mudah untuk bernafas, dan ini bagus bagi penderita asma. Penelitian-penelitian telah mengemukakan bahwa berenang dengan rutin sangat bermanfaat bagi penderita asma, dan akan mengurangi gejala-gejala asma bahkan setelah berhenti melakukan rutinitas tersebut.

Berenang bukan hanya bermanfaat bagi penderita asma tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan volume paru-paru Anda, dan bisa juga membantu teknik-teknik pernafasan untuk olahraga lainnya (seperti mengangkat beban atau berlari).

  1. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Mesin-mesin pada tempat fitness atau gym, biasanya hanya berfungsi untuk daerah tertentu dari tubuh, tetapi berenang memungkinkan Anda untuk menggunakan seluruh bagian tubuh secara sekaligus.

Gaya renang umumnya mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan tangan dan kaki yang lebar, hal inilah yang akan melatih fleksibilitas tubuh Anda.

  1.  Menenangkan Mental dan Mengurangi Stress

Olahraga renang dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh yang berkhasiat untuk meningkatkan perasaan rileks (relax) dan mengurangi stress.

Penelitian telah menemukan bahwa berenang dapat memberikan efek ‘relaksasi’ yang sama seperti yoga. Gaya renang juga memerlukan gerakan-gerakan lebar yang sama halnya seperti yoga.

Tidak hanya berguna untuk meningkatkan endorfin, olahraga ini juga dapat digunakan sebagai media meditasi.

  1. Dapat Berolahraga Lebih Lama Tanpa Merasa Nyeri Otot

Karena massa pada air lebih besar daripada massa udara, Anda akan merasakan bahwa tubuh Anda lebih ringan sewaktu berada di dalam air. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa olahraga renang menjadi rekomendasi para dokter untuk orang-orang yang memiliki cedera otot dan kegemukan.

Olahraga renang bisa menjadi sarana terapi untuk otot-otot yang sedang cedera tanpa mengakibatkan cedera lebih lanjut.

Berenang juga adalah salah satu olahraga yang sewaktu dilakukan tidak menyebabkan rasa nyeri pada otot (seperti sewaktu mengangkat beban). Kalau Anda bisa berenang di kolam air hangat, efeknya akan lebih baik, karena rasa panas pada air akan melonggarkan sendi dan otot yang akan membantu mencegah cedera sewaktu berolahraga.

  1. Membentuk dan Menguatkan Otot

Karena air 12 kali lebih padat dibandingkan udara, berenang adalah olahraga yang sangat efektif untuk membentuk otot Anda. Dengan berenang, Anda dapat melakukan latihan kardio dan membentuk otot pada saat yang bersamaan. Berenang memberikan efek yang sama seperti sewaktu mengangkat beban di tempat fitness.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut Privat Renang Di Bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa Privat Renang Bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *