Melakukan Gerakan Renang Bebas

Pengertian Cara Renang Gaya Bebas atau yang biasa disebut juga dengan istilah front crawl / crawl stroke, merupakan gaya renang yang paling cepat dibandingkan gaya kodok, punggung, dan kupu-kupu. Dalam renang gaya bebas, posisi tubuh yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Kepala menghadap ke dasar kolam, ketika mengambil nafas, kepala diarahkan ke samping
  2. Dada menghadap ke dasar kolam
  3. Kedua tangan diayunkan mengayuh ke depan
  4. Kedua kaki dinaikturunkan secara bergantian
  5. Posisi badan perenang gaya bebas adalah sejajar dengan permukaan air
Ketika anda sedang belajar renang dari nol, maka gaya pertama yang sebaiknya anda pelajari adalah renang gaya bebas. Mengapa? Karena jika anda sudah bisa berenang gaya bebas, maka anda akan sangat mudah untuk mempelajari gaya lainnya yakni renang gaya dada, punggung, dan kupu-kupu. Berikut ini adalah cara renang gaya bebas yang baik dan benar
Gerakan Tangan 
Kedua tangan harus lurus ke depan. Masing-masing tangan diayunkan secara bergantian ke arah depan. Pastikan jari-jari tangan saling rapat
Gerakan Kaki
Gerakan kaki pada renang gaya bebas yakni kaki dinaikturunkan secara bergantian. Pusat gerakan ada pada pangkal paha. Lutut tidak boleh ditekuk. Kaki harus dalam sikap point artinya telapak kaki harus tetap lurus.
Pernapasan

Cara melakukan gerakan mengambil napas renang gaya bebas. Pernapasan dalam renang gaya bebas, dilakukan dengan memutar kepala ke arah samping, lalu napas dimasukan melalui mulut. Anda bisa mengambil napas dari arah kanan saja, kiri saja, atau kedua-duanya. Bagi anda perenang pemula, maka pengambilan nafas cukup dilakukan setiap dua gerakan tangan. Sementara itu bagi para atlet renang yang sudah profesional, biasanya mereka mengambil napas satu kali dalam delapan gerakan.

Renang gaya bebas sebaiknya diawali dengan meluncur. Meluncur dilakukan dengan berdiri di pinggir kolam, badan dibungkukkan ke depan, kaki ditekuk dan ditolakkan ke dinding kolam sekuat-kuatnya, lalu kedua tangan diluruskan ke depan. Lalu ayunkan kaki anda dan mulailah melakukan renang gaya bebas / freestyle / crawl.

Beberapa poin penting dalam renang gaya bebas :
1) Pastikan posisi tubuh anda balance dengan air
2) Kepala berada di bawah permukaan air, pandangan ke arah bawah
3) Pastikan kaki anda point
4) Dalam gerakan kaki, pastikan lutut tidak ditekuk
5) Ketika mengambil nafas, kepala diputar ke samping (tidak mengangkat kepala)
6) Membuang nafas melalui hidung ketika kepala berada di dalam air

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut les renang murah bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa les renang murah bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *