Menghilangkan Kaku Saat Renang

Kram biasanya dirasakan ketika kaki menendang dinding kolam saat berenang gaya bebas, saat berbelok, menjejak lantai kolam, dan lain sebagainya yang membutuhkan tubuh menarik otot-otot kaki. Kram akan hilang sendiri setelah Anda melakukan peregangan di luar kolam, namun rawan mengulang kram lagi setelahnya.

Seperti dilansir dari swimming.org, kram otot kaki terjadi ketika otot sudah lelah dan terlalu sering digunakan. Kram juga bisa terjadi karena tubuh dehidrasi atau kurangnya elektrolit dalam tubuh sehingga otot tubuh tidak bekerja sesuai keinginan dan menegang hingga menimbulkan rasa sakit.

Untuk cara pencegahan, hal yang pertama yang perlu diingat adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Luangkan waktu beberapa menit untuk keluar dari kolam dan minum air secukupnya. Anda juga bisa minum air yang mengandung elektrolit untuk mencegah kram dan menjaga kebugaran tubuh.

Kedua, Anda perlu melakukan peregangan sebelum berenang. Peregangan sangat penting untuk menjaga fleksibilitas otot dan membiasakan otot agar tidak kaget di dalam air. Peregangan perlu dilakukan sebelum dan sesudah berenang. Cobalah peregangan terutama untuk otot kaki sekitar betis hingga telapak kaki.

Lakukan selama kurang lebih 15 menit untuk membiasakan diri misalnya dengan berdiri dengan satu kaki sedang kaki lainnya diangkat kaki ke dinding dan menekuk tubuh hingga menyentuh lutut. Melipat kaki ke belakang tubuh, sesekali melompat, melakukan squad dan lain sebagainya.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut latihan renang prestasi bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa latihan renang prestasi bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *