Mengatasi Kram Pada Saat Renang

Kram adalah pengerutan pada otot yang muncul secara tiba-tiba dan menimbulkan nyeri. Kram bisa muncul selama beberapa detik, menit, atau jam tergantung dari kontraksinya. Kram pada otot kaki juga kerap terjadi ketika kita berenang. Tapi, bukan berarti kamu jadi nggak berani berenang karena takut kram. Apalagi, berenang banyak manfaatnya, yaitu bisa menyehatkan tubuh, menurunkan berat badan, juga bikin tubuh bebas dari stres.

Jadi, ketika kamu traveling, jangan sampai kamu skip berenang, ya! Soalnya, pegipegi punya tips untuk mencegah dan mengatasi kram kaki ketika berenang. Yuk, perhatikan tipsnya!

MENCEGAH KRAM KAKI

Meskipun selama ini kamu baik-baik aja ketika berenang, tapi lebih baik mencegah agar kamu tidak mengalami kram kaki saat berenang, kan? Cara mencegahnya adalah sebagai berikut:

1. MENJAGA TUBUH AGAR TETAP TERHIDRASI

 Sebelum berenang, jangan lupa untuk minum air secukupnya supaya tubuh kamu tetap terhidrasi. Kamu juga boleh minum air yang mengandung elektrolit karena bahan tersebut dipercaya bisa mencegah kram sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

2. LAKUKAN STRETCHING (PEREGANGAN)

Sama seperti olahraga lain. Sebelum berenang, kamu juga perlu melakukan peregangan agar fleksibilitas otot terjaga sekaligus tidak kaget saat berada di dalam air. Setelah berenang pun, kamu juga harus kembali melakukan peregangan. Peregangan simpel yang bisa kamu lakukan adalah berdiri dengan satu kaki dan kaki lainnya diangkat ke dinding lalu tubuh ditekuk hingga menyentuh lutut. Kamu juga bisa melipat kaki ke belakang tubuh lalu sesekali melompat atau melakukan squat. 

MENGATASI KRAM KAKI

Bisa aja suatu saat kita lupa minum air yang cukup atau lupa melakukan peregangan sebelum berenang. Sehingga, kita malah mengalami kram kaki ketika berenang. Nah, kalau sudah terjadi, kamu harus mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

1. JANGAN PANIK!

Dengan bersikap tenang, bisa membantu kamu untuk mengembalikan keseimbangan tubuh ketika berada di dalam air. Selain itu, jangan lupa untuk menghirup napas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan-lahan. Hal itu akan mempermudah kamu untuk keluar dari kolam.

2. LAKUKAN PEMIJATAN

Setelah keluar dari kolam renang, pijatlah otot kaki yang kram agar elastisitas otot kembali seperti semula. Lakukan pijat hingga rasa nyerinya hilang.

3. LAKUKAN PEREGANGAN

Posisi peregangan pertama yang bisa dilakukan adalah menekuk lutut kamu ke arah dada. Lalu tarik telapak kaki dan jari kaki ke arah belakang, ke arah punggung dengan hati-hati. Posisi ini bisa membantu kamu untuk mengatasi kram pada otot paha belakang dan otot betis. Posisi peregangan kedua yang bisa kamu lakukan adalah menekuk paha ke belakang, tarik jari kaki dan punggung ke arah telapak kaki dan jangan lupa tekuk lututmu. Posisi ini bisa mengatasi kram pada otot paha bagian depan dan otot punggung kaki.

Jika ingin serius mempelajari teknik berenang, ada baiknya Anda mengundang pelatih khusus agar dapat mengoreksi gerakan-gerakan Anda. Menghindari kesalahan berenang akan menghasilkan gerakan lebih efektif tanpa banyak memakan energi. Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa Latihan renang bandung di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa Latihan renang bandung, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *